MyCommonIncludable

BlogPost

Paragraf Blogspot & Windows Live Writer

Blogspot, <p> & Windows Live Writer Text editor blogger/blogspot tidak mengenal tag paragraf (<p></p>) dan secara otomatis menghapus tag tersebut ketika menulis pada mode “compose”/visual. Padahal tag <p> sangat bermanfaat untuk menandakan sebuah paragraf dari postingan karena sebagian besar meta/sharing/social button memanfaatkan tag <p> sebagai deskripsi atau kutipan dari postingan yang di share. Facebook like, facebook send dan LinkedIn share akan mengutip paragraf pertama (yang ditandai dengan adanya tag <p></p> ) dari suatu postingan. Untuk blogger profesional atau yang peduli dengan kualitas penyebaran konten yang akan di share/bagikan/like/send tag <p></p> akan banyak memberi pengaruh.
Ada dua cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu:
  1. menulis dengan mode “html”/source code
  2. menggunakan software text editor eksternal (desktop blog-publishing application)

Manual / HTML?

Menulis dalam mode “html” bukan pilihan terbaik, tidak semua orang bisa dan mau menulis tag html secara manual. Walaupun seorang web designer/developer bisa menulis dan membaca tag html dengan mudah tetap saja menulis postingan secara manual akan menambah jumlah ketikan, jari-jari cepat lelah, mata dan otak bekerja ekstra untuk mengenali tag html :D

Software Blogging?

Pilihan terbaik dan termudah adalah menggunakan text editor eksternal. Pilihan terbaik saat ini adalah menggunakan Windows Live Writer dari Microsoft. Uh.. bisa-bisanya Microsoft yang tidak populer dengan layanan/software blogging gratisan bisa mempunyai text editor gratisan serba guna untuk berbagai platform blogging. Social network dan blogging platform punya Microsoft namanya Windows Live Spaces dan sudak tidak aktif sejak Maret 2011)
Saat ini Live Writer kompatibel dengan Windows Live Spaces, SharePoint blogs, Blogger, LiveJournal, TypePad, WordPress, Telligent Community, PBlogs.gr, JournalHome, the MetaWeblog API, the Movable Type API, Blogengine, Squarespace dan semua blog yang mendukung RSD (Really Simple Discoverability). Windows Live Writer juga tersedia dalam 48 versi bahasa.
Saya yang sebelumnya terbiasa dengan text editor bawaan blogspot dan plugin ScribeFire sekarang mulai membiasakan menulis dengan Windows Live Writer. Silahkan Download Window Live Writer di websitenya langsung.
Ini print screen dari Windows Live Writer:
Blogging menggunakan Windows Live Writer 2011
Ehh, ternyata Live Writer tidak bisa menambahkan caption pada gambar seperti pada Blogger atau Wordpress. Atau mungkin saya yang belum menemukan fitur tersebut :p

Comments